OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi
perkantoran adalah semua sistem informasi formal dan informal terutama yang
berkaitan dengan komunikasi informasi kepada orang lain dalam organisasi atau
perusahaan lain. Sederhananya, yaitu sebuah rencana untuk menggabungkan
teknologi tinggi melalui perbaikan pelaksanaan pekerjaan.
Otomatisasi
perkantoran berawal pada tahun 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word
processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata,
pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape
(MT)/Selectric Tape (ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang
telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Pada
dasarnya ada 4 kategori pemakai otomatisasi perkantoran :
1. Manajer,
orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber
daya manusia.
2. Profesional,
tidak mengelola orang tetapi menyumbangkan skill dan keahliannya. Manajer dan
profesional dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris,
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas
seperti menangani korespondensi, mengatur jadwal pertemuan, serta menjawab
telepon.
4. Clerical
Employee (pegawai administratif), melaksanakan tugas seperti mengoperasikan
mesin fotocopy, menyusun dokumen serta mengirim surat.
Konsep-Konsep
Otomatisasi
·
Proses yang terjadi di
perkantoran seperti proses manufaktur mengarah ke otomatisasi.
·
Otomatisasi kantor
berevolusi dari aplikasi yang terpisah menuju ke aplikasi yang terpadu.
·
Otomatisasi kantor memudahkan
mengirim dan menerima informasi.
·
Otomatisasi kantor
memberi keuntungan besar dengan pengambilan keputusan yang baik
·
Otomatisasi kantor
sebagai metode pelengkap bagi komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti
Manfaat Otomatisasi
Perkantoran
1. Komputer
tidak menggantikan pekerjaan saat ini, tetapi komputer menunda penambahan
pegawai yang di perlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2. Pemecahan
masalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk
saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
3. Pelengkap
bukan pengganti, OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal
tradisional-percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo
dsb.
4. Penggabungan
dan penerapan teknologi, misalnya antara telepon, komputer, jaringan internet,
satelit dsb.
5. Memperbarui
proses pelaksanaan pekerjaan di kantor, OA memungkinkan para pekerja kantor
memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan baik.
·
TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi
adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat
lain. Bentuk komunikasi jarak jauh ini dapat dibedakan menjadi 3 :
1. Komunikasi
satu arah (simplex), dalam komunikasi ini pengirim dan penerima informasi tidak
dapat menjalin tidak dapat menjalin informasi yang berkesinambungan melalui
media yang sama. Misal, televisi dan radio.
2. Komunikasi
dua arah (duplex), dalam komunikasi ini pengirim dan penerima informasi dapat
menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Misal,
telepon.
3. Komunikasi
semi dua arah (Half duplex), dalam komunikasi ini pengirim dan penerima suara
berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.
·
PERSONAL COMPUTER
PC
adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh stau orang saja (pribadi).
Fungsi dari komputer adalah mengolah data input dan menghasilkan output berupa
data atau informasi berdasarkan keinginan pengguna. Elemen yang tidak dapat
dipisahkan dari komputer yaitu :
1. Hardware
(perangkat keras), sekumpulan komponen perangkat keras komputer yang dapat
dilihat, diraba serta dirasakan.
a.Input
Device (keyboard, mouse)
b.Process
Device (processor, ram)
c.Output
Device (monitor, printer)
d.Storage
Device (harddisk, flashdisk)
e.Peripheral
Device (webcam, modem)
2. Software,
program yang berisi intruksi sebagai perantara yang menghubungkan antara
hardware dan brainware sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan.
3. Brainware,
perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada dalam
komputer.
·
TELECONFRENCE
Adalah
komunikasi langsung diantara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh
dihubungkan dalam suatu telekomunikasi. Komunikasi ini dilakukan melauli
telephone atau suatu jaringan. Sistem telekomunikasi dapat mendukung
teleconference dari satu atau lebih layanan data.
Di
indonesia terdapat berbagai layanan teleconference melalui telepon maupun
mobile yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil
dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur oleh keinginan penyelenggara
konferensi.
Aplikasi Otomatisasi
Perkantoran
1.Aplikasi pengolah kata adalah
penggunaan peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan beberapa tugas
yang diperlukan untuk membuat dokumen. Sederhananya, word processing ini
penggunaan alat elektronik secara otomatis yang dapat melakukan banyak tugas
yang diperlukan baik dicetak maupun dikirim via e-mail.
2.E-mail yaitu pengiriman file
hasil ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai
mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan
alat penyimpanan.
3.Voice Mail yaitu mengirim pesan
dengan mengucspkan pesan tersebut melalui telepon.
4.Kalender elektronik yaitu
aplikasi yang hanya menyusun terjadinya komunikasi.
5.Konfrensi Audio yaitu penggunaan
peralatan komunikasi suara untuk membuat komunikasi audio diantara orang-orang
yang tersebar secara geografis untuk melakukan konferensi.
6.Konferensi Video penggunaan
peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara
geografis.
7.Faxsimile yaitu penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran
komunikasi dan membuat salinan pada ujung lainnya.
8.Slide Presentase yaitu penggunaan
komputer untuk tujuan memberi informasi berupa gambar, data atau lain
sebagainya dalam bentuk slide.
9.Aplikasi pengolah memudahkan
akuntan melakukan perhitungan dengan mudah, sehingga meminimalkan kesalahan
dalam membuat laporan keuangan.
Referensi :
Fuad, Adman. 2010, Pengertian Otomatisasi Perkantoran,
(online), (http://adman.staf.upi.edu/2010/03/07/pengertian-otomatisasi-perkantoran/),
diakses pada tanggal 25 Maret 2015
Dino, Anugerah. 2014, Jenis-Jenis Aplikasi
Otomatisasi Perkantoran, (online), (http://anugerahdino.blogspot.com/2014/10/jenis-jenis-aplikasi-otomatisasi-kantor.html),
diakses pada tanggal 25 Maret 2015
Deva. 2013, Pengertian dan Fungsi Personal Computer,
(online), (http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-dan-fungsi-personal-computer.html),
diakses pada tanggal 25 Maret 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar